#250WordsToday – Hati-hati, hati.

Ketika TUHAN menetapkan akan memilih Daud sebagai raja bagi Israel, ada yang menarik bagi saya. Ini pasti menarik juga bagi kebanyakan dari kita karena prinsip yang dipakai TUHAN untuk memilih Daud adalah melihat hatinya dan bukan penampakannya dari luar. Padahal, tetap dicatat juga bahwa Daud itu berparas elok, matanya indah, serta kemerah-merahan. Ini menunjukkan bahwa mau tidak mau kita akan melihat penampilan luar, jelas, itu yang berada dalam ‘jangkauan’ kita sebagai manusia. Dalam penerapan lebih luas, itu bisa saja bukan hanya perkara fisik, tetapi apa pun yang dapat kita lihat dengan jelas dari diri kita maupun orang lain.

Tetapi, kita tidak dapat memungkiri bahwa Tuhan melihat hati kita.

Kejatuhan manusia ke dalam dosa dimulai dari penglihatannya, buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula, pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Dari mata jatuh ke hati, huft.

Setelah kisah memilukan ini muncullah kisah hati lain seperti pada Kain (Kej 4:5–“hati Kain menjadi sangat panas”), kondisi manusia sebelum TUHAN menurunkan air bah (Kej 6:5–“segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata”), dan seterusnya.

Prinsip ‘Tuhan melihat hati’ ini seringkali diterapkan dalam masa-masa pemberian tugas pelayanan/regenerasi pelayanan kristiani sehingga membuat pekerjaan ini betul-betul krusial karena kita harus bertanya kepada Tuhan, “Siapakah yang Kaupilih dan Kausebut nama-Nya?” karena hanya Ia yang bisa melihat hati manusia yang berdosa.

Tetapi kali ini, saya belajar menerapkan prinsip ini bagi diri saya sendiri. Seperti kata Mazmur 139:23, “Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku.”

Mungkin saja saya pun salah melihat diri sendiri.

Advertisements

Published by

Elisabeth Yosephine

Not an open book. I tell things I want people to know. Even so, I tell them in different viewpoints according to what response I want to get.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s