Hosea 1:1-3 #BibleReading

Nama Hosea berasal dari kata kerja yang sama dengan nama “Yosua” dan “Yesus” yakni “untuk menyelamatkan atau untuk membebaskan”.

Ketika Hosea diperintahkan TUHAN untuk menikahi seorang perempuan yang akan tidak setia kepadanya, saya membayangkan betapa sulit dan tidak enaknya posisi Hosea pada saat itu. Siapa yang mau menikahi seseorang yang tidak akan setia kepada kita? Hosea bukannya tidak tahu lho apa yang akan terjadi dengan pernikahannya, dia tahu betul, karena TUHAN sudah mengatakannya. Kecuali TUHAN menyembunyikan hal itu darinya, mungkin saja perintah tersebut tidak akan sesulit ini.

Saya berpikir, “Hosea is nothing like me.” Saya tidak akan mau menikahi seseorang yang saya tahu akan berbuat zina di dalam pernikahan kami. Namun Hosea tetap melakukannya juga, meski tidak dicatat bagaimana pergulatan emosinya ketika mentaati perintah TUHAN tersebut.

TUHAN memerintahkan pernikahan semacam itu karena sebuah alasan, “karena negeri ini bersundal hebat dan membelakangi TUHAN.” Israel, secara khusus suku Efraim, merekalah yang menjadi objek di mana Hosea menjadi nabi. Persundalan yang dilakukan oleh Israel di kerajaan Utara bersama Baal-baal tersebutlah yang menjadi latar belakang tugas kenabian Hosea. Sungguh waktu yang malang baginya, dari sekian banyak nabi, entah mengapa harus dirinya.

Ada 2 hal yang dapat saya pelajari:

  1. Tetap taat melakukan apa yang Tuhan perintahkan di dalam firman-Nya
  2. Meskipun perintah itu menyulitkan/menyakitkan/perlu penyangkalan diri yang dalam

Tidak mudah untuk melakukan 2 hal ini, apa lagi jika harus melakukan seperti yang Hosea lakukan: to love someone unfaithful. 

What’s the point, then? 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s